Sunday, September 23, 2018

Tips Merawat Motor Trail Jika Lama Tak Dipakai

 
Sobat offroader, tentu ada kalanya motor tak dipakai dalam jangka waktu lama. Nah untuk menimalkan resiko kerusakan motor karena tidak rutin dipakai, simak tips-tips berikut ini:

Kosongkan Bensin di Tengki
Untuk motor trail build up kebanyakan tengki bensin terbuat dari plastik atau bahan yang tidak berkarat, namun akan lebih baik jika bensin di tangki dikosongkan. Bensin yang berdiam terlalu lama di dalam tengki itu akan menurun kualitasnya. Untuk tengki bensin yang terbuat dari besi seperti misalnya KLX atau CRF 150 itu selain dikosongkan bensinnya bisa juga malah diisi penuh. Dengan tangki diisi penuh itu akan mencegah terjadinya oksidasi yang menyebabkan karat.

Putus Arus Aki
Putuslah arus listrik di aki, dengan melepas kabel yang terpasang pada aki di bawah jok. Selain akan menghemat umur aki juga akan membantu mencegah terjadinya konsleting pada kondisi tertentu yang tidak terduga.

Parkir Motor dengan Posisi Tegak
Jika ditinggal dalam waktu cukup lama, lebih baik motor diparkir dengan posisi tegak dengan menggunakan jack stand. Dengan parkir tegak itu menyebabkan suspensi tidak bekerja keras menahan beban motor, sehingga seal suspensi depan akan lebih awet. Selain itu roda yang tidak menyentuh lantai secara langsung itu akan membantu keawetan ban.

Kunci Ganda Motor
Untuk keamanan, kunci ganda motor trail anda, apalagi untuk motor trail tipe enduro dan kompetisi/motocross yang tidak dilengkapi dengan kunci stang. Kuncilah dengan cara merantai ban atau menggembok cakram rem. Jika ada beberapa motor trail di garasi, akan lebih aman jika setiap motor itu dirantai sambung menyambung.

Lumasi Rantai
Agar rantai tidak berkarat, setelah dicuci pastikan dilumasi dulu secukupnya, sehingga rantainya tidak berkarat dan saat dipakai nanti sudah terlumasi.

Tutupi Motor dengan Kain
Jangan lupa untuk menutupi motor dengan kain atau plastik. Selain melindungi debu, ini juga melindungi motor dari hewan seperti serangga atau tikus.

sumber: indonesiandirtbike

No comments:

Post a Comment