Perlengkapan untuk pengendara motocross/dirt rider:
1. Pertama, kaus kaki panjang. Gunanya untuk mengurangi gesekan
antara kaki dengan sepatu boot. Selain itu juga untuk menyerap keringat
karena dalam sepatu boot yang tinggi, udara di dalam cukup panas.
Setelah itu langkah berikutnya mengenakan pelindung lutut. Terbuat dari
bahan plastik keras dipasang dengan karet yang melingkar di seputar
lutut. Untuk proteksi yang lebih baik lagi ada sebuah alat bernama knee
brace. Alat ini memperkuat persendian lutut dengan engsel yang biasanya
terbuat dari besi campuran yang ringan sehingga memungkinkan lutut untuk
bergerak hanya dua arah yang lurus.
2. Mengenakan celana khusus untuk motocross. Celana ini biasanya
terbuat dari kanvas yang memungkinkan udara dapat keluar dan masuk.
Memiliki bantalan di sekitar lutut bagian dalam, pinggang dan paha
bagian luar. Tahan terhadap gesekan dan sulit terkoyak. Dalam memilih
celana balap yang baik perlu diperhatikan tingkat kekuatan dan
kenyamanan pemakaiannya, sebab pabrikan yang bermutu sangat
memperhatikan keleluasaan gerak pemakai.
3. Sepatu balap (boot) motocross merupakan kelengkapan penting yang
sering diabaikan, hal tersebut terjadi karena harga sepatu khusus ini
relatif cukup mahal. Biasanya terbuat dari kulit, tetapi dengan
perkembangan ilmu pengetahuan saat ini sering kita jumpai sepatu balap
yang dibuat dari bahan campuran sintetis (plastik, polyurethane). Namun
semua itu bertujuan untuk memberi perlindungan dan kenyamanan yang
maksimal. Perlu diperhatikan pada pemakai diharuskan mengencangkan semua
kunci pengaitnya, supaya tidak mudah lepas. Sepatu ini akan melindungi
pengendara dari batu, tanah, benturan dengan sepeda motor serta panas
dari pipa saluran sisa pembuangan udara (knalpot).
4. Memakai kaos lengan panjang (jersey) yang memiliki bantalan pada
siku tangan. Kaos ini selain melindungi kulit juga dapat menyerap
keringat pengendara. Relatif cepat kering dan tidak membatasi kulit
tubuh untuk bernafas. Biasanya untuk melindungi siku pada lengan jersey
terdapat busa (pad) pelindung atau pengendara khusus menggunakan
pelindung siku (elbow pad) supaya lebih aman.
5. Pengendara motocross akan sering mengalami guncangan dalam
berkendara dan guncangan yang cukup keras bisa menyebabkan cedera pada
bagian dalam perut. Untuk mengantisipasi hal tersebut para pengendara
motokros memakai sabuk yang ukurannya lebar (belt). Biasanya pada bagian
belakang terbuat dari bahan yang keras dan bagian depan elastis.
Tujuannya untuk memberi perlindungan pada perut juga bagian pinggang
serta sebagai penyangga tulang punggung bagian bawah.
6. Memakai pelindung dada (chest protector) untuk melindungi tulang
rusuk, dada, hingga ke punggung bagian atas. Terbuat dari plastik keras
dengan bantalan pada bagian tertentu. Benturan dengan stang kemudi serta
batu dan tanah dari arah depan dapat menyebabkan cedera yang cukup
serius, hendaknya pengendara menyadari betul pentingnya pelindung ini.
7. Helm atau pelindung kepala, merupakan faktor paling penting dari
semua peralatan pelindung tubuh. Sebagai pusat saraf kepala juga paling
rentan terhadap benturan yang keras. Oleh karena itu dalam memlih helm
perlu diutamakan kualitasnya. Biasanya helm untuk pengendara motocross
dan enduro lebih banyak memungkinkan udara untuk bersirkulasi, fungsinya
untuk memberi pernafasan yang baik. Selain itu dilengkapi juga dengan
pet helm (visor) untuk melindungi cipratan tanah juga terhadap sinar
matahari yang menyilaukan. Tidak memerlukan kaca pada bagian depan
karena pengelihatan pengendara akan dilindungi oleh kacamata khusus
(goggle). Perlu diingat bahwa ukuran helm harus cocok dengan kepala
pengendara. Kunci pengait helm harus terpasang dengan baik bila
memakainya.
8. Sarung tangan juga merupakan faktor yang penting, dipakai terakhir
sebelum mengenakan kacamata. Berfungsi untuk melindungi tangan akibat
gesekan dengan grip stang, juga terhadap lemparan kerikil atau pecahan
tanah keras dari akibat dari sepeda motor di depan. Sarung tangan
motocross harus elastis dan nyaman. Dalam penggunaannya harus
diperhatikan ukuran yang tepat serta pengunci harus terpasang.
9. Kacamata khusus untuk motocross (goggle). Kaca terbuat dari kaca
plastik (lexan lens), memberi perlindungan untuk mata dari debu. Pada
bagian dalam terbuat dari busa yang empuk dan memberi kenyamanan pada
wajah. Cara pemakaiannya dengan memasukkan kaca terlebih dahulu baru
karet (strap) di pasang melingkari helm kearah belakang.
GEAR UP, BOYS !!!
No comments:
Post a Comment