Tuesday, July 7, 2020

Merawat Motor Sehabis Ngetrail

Berikut adalah beberapa tips dan cara perawatan motor trail Anda, agar selalu tangguh dan tidak cepat rusak.

JAGA SELALU KEBERSIHAN MOTOR
Jagalah kebersihan motor Anda. Jangan biarkan motor Anda dalam kondisi kotor, apalagi setelah digunakan di medan yang becek dan berlumpur. Segera cuci setelah dipakai, sebisa mungkin menggunakan semprotan air bertekanan tinggi, guna melindungi motor Anda dari karat akibat kotoran lumpur maupun air hujan.

CEK ONDERDIL MOTOR TRAIL
Jangan lupa untuk selalu mengecek bagian-bagian onderdil motor trail Anda, seperti kabel kopling, seher atau piston, silinder head, karburator, suspensi dan lain-lain. Langkah ini bertujuan agar performa motor tetap optimal.

CEK BAGIAN RANTAI MOTOR TRAIL
Sehabis digunakan, jangan lupa memberikan pelumas atau oli pada rantai motor trail Anda. Hal ini jangan sampai terlewatkan, karena bisa membuat rantai aus, dan akhirnya berdampak pada keawetan komponen gir dan rantai. Periksa juga kekencangan rantai agar tidak terlepas saat dipakai di medan berat.

PERIKSA KAMPAS REM DAN KOPLING MOTOR TRAIL
Kampas rem dan kampas kopling juga perlu mendapat perhatian khusus, karena berkaitan erat dengan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Terlebih, kampas rem maupun kampas kopling bisa habis hanya dalam satu kali penggunaan.

PERIKSA BAGIAN KABEL MOTOR TRAIL
Pada bagian ini, hal utama yang harus diperiksa yaitu kabel pada bagian CDI maupun kabel gas. Selain itu cek bagian kelistrikan seperti starter, lampu, klakson dll.

PERIKSA OLI
Selalu cek ketinggian oli mesin, jika terihat kurang, tambahkan oli mesin. Ketika dipakai offroad dalam jangka waktu cukup lama, bisa saja oli mesin mengalami pengurangan karena pemuaian atau kebocoran halus.

SEMPROT DENGAN CAIRAN ANTI KARAT
Untuk mencegah berkarat, semprot bagian-bagian yang mudah berkarat dengan cairan WD40.

BERSIHKAN FILTER UDARA
Cek filter udara, jika terlihat kotor, langsung saja dibersihkan.

CEK KERAPATAN MUR DAN BAUT MOTOR
Setelah digeber di jalur offroad seharian, seringkali ada bau tau mur yang kendor. Hal spele ini sering terlewatkan dan akan jadi masalah besar ketika ada masalah di jalur offroad. Masalah besar itu bisa saja dimulai dari hal kecil, yaitu hilangnya baut.

Akhirnya, semoga dengan beberapa tips dan cara perawatan di atas bisa membuat motor trail kesayangan selalu awet.
Semoga bermanfaat.

sumber: infogaspoll

No comments:

Post a Comment